Minggu, 01 Juni 2014

Tutorial Microsoft Office Word 2007


Tak kenal maka tak sayang  ^_^

Pada kesempatan ini saya akan sedikit mengenalkan anda dengan Microsoft Office Word 2007. gimana cara membuka dan menutupnya, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, dan mengenal jendela Word 2007 yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mengenal Microsoft Office 2007.
1)    Membuka Microsoft Office Word 2007
Begitu mudah untuk mengaktifkan aplikasi ini juga dalam penggunaannya pada sistem operasi Windows dengan cara:
  •  Klik icon Start pada taskbar
  •  Sorot menu All Program, dan muncul sejumlah menu (gambar a.1)
  • Klik folder Microsoft Office (gambar a.2)
  • Klik program Microsoft Office Word 2007 (gambar a.3)

gambar a.1                              gambar a.2                                   gambar a.3

gambar b.1

kita juga bisa membuka Microsoft Office Word 2007 melalui shortcut yang ada di desktop. Tinggal double klik icon Microsoft Office Word 2007. Jika di desktop anda belum terdapat ikon Microsoft Office Word 2007, maka shortcutnya dapat dibuat dengan cara:
  • Klik icon Start pada task
  • Sorot menu All Program, dan muncul sejumlah menu (gambar a.1)
  •  Klik folder Microsoft Office (gambar a.2)
  • Klik kanan program Microsoft Office Word 2007 (gambar a.3)
  • Sorot menu Send To, lanjutkan dengan mengklik Desktop (gambar b.1) 
2)  Tampilan jendela Microsoft Office Word 2007

     Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:

 


Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
  • Tittle Bar => menampilkan nama file aktif dan aplikasi yang dijalankan serta tiga tombol yang berfungsi untuk mengatur jendela (minimize, restore/maximize, close) yang terletak di bagian paling kanan dari tittle bar. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Office Word 2007 akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
  • Toolbar Quick Access => Secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands. 
  • Tombol Close => Berfungsi menutup aplikasi Microsoft Office Word 2007.
  • Ribbon => Berisi tab yang berisi beberapa group icon.
  • Ruler => Sebagai alat bantu untuk mengatur ukuran lembar kerja Microsoft Office Word 2007 baik horizontal maupun vertikal.
  • Tabulasi => Untuk mengatur tabulasi  (pemberhentian) yang terdiri dari left tab, center tab, right tab, decimal tab, bar tab
  • Indentasi => Untuk mengatur indentasi paragraf (first line indent, hanging indent, left indent)
  • Scrollbar => Berfungsi untuk menggulung layar baik vertikal maupun horizontal
  • Status Bar => Yaitu baris status berisi informasi tentang page, kata, dan bahasa.
  • Tombol View => Berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line, dan draft
  • Kontrol Zoom => Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

3) Membuat dokumen baru
Ketika anda menjalankan Word, otomatis word akan menampilkan lembar kerja kosong yang siap digunakan untuk mengolah kata. Lembar kerja awal ini biasanya masih diberinama (default) oleh Word yaitu Document 1 yang bisa dilihat di bagian tittle bar. Namun jika anda sudah menyimpan pekerjaan anda tersebut dengan memberikan sebuah nama file, maka secara otomatis pula Word akan merubah nama Document 1 tersebut dengan nama file yang anda masukkan ketika menyimpan pekerjaan anda.
Cara membuat dokumen baru melalui menu adalah:
  1. Klik  tombol Microsoft Office,  lalu klik New. 
  
        
      2. Maka keluar kotak dialog New

 


         Pada kotak dialog new documen, terdapat beberapa pilihan seperti: 

       •  Blank document, untuk dokumen yang kosong.
Installed template untuk   membuat dokumen dari bebera template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
 My Template untuk dokumen dari template buatan.
 New from existing untuk  membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
Jika  komputer  yang  sedang  digunakan  terhubung  ke  internet,  kita  juga  dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.


    3. Jika sudah dipilih, klik Create.


     4) Menyimpan File Dokumen
    Setelah naskah selesai diketik dan agar anda bisa buka kembali sewaktu-waktu, maka langkah berikutnya     adalah menyimpan naskah tersebut. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:

  • Klik Tombol Office, klik File, lalu pilih Save As (untuk menyimpan yang pertama kali) atau pilih Save (untuk menyimpan ulang). Kemudian akan muncul kotak dialog Save As.





  • Pilih tempat file akan disimpan.
  • Pada bagian File Name, hapus dulu nama file yang ada kemudian anda ketik nama file baru yang ingin diberikan untuk file tersebut.
  • Klik tombol perintah Save. Lihat pada Tittle Bar Document1 sudah berubah nama sesuai dengan nama file yang anda simpan tadi.
Atau jika anda menggunakan icon Save pada Toolbar Quick Access, anda tinggal klik icon kemudian kotak dialog Save As akan langsung muncul.


5) Membuka File Dokumen yang Sudah disimpan 
    File dokumen yang sudah pernah disimpan ke dalam media penyimpanan dapat dibuka kembali dan              dilakukan perubahan. Langkah-langkah mebuka file yang telah disimpan adalah sebagai berikut: 
  • Klik Tombol Office, klik Open. Kemudian akan muncul kotak dialog Open.

 


  • Pilih dimana file yang akan dibuka terletak.
  • Klik nama file yang akan dibuka.
  • Klik tombol perintah Open, tunggu sampai dokumen anda ditampilkan.

6) Menutup Dokumen Pada Microsoft Office Word 2007
          Untuk  menutup  dokumen  pada  Microsoft  Office  Word  2007  langkah- langkahnya  sebagai berikut:
  • Klik tombol Office 
  • Klik close yang berada paling bawah deretan menu  atau tekan (CTRL + W di key board).

 Catatan:
Apabila muncul pertanyaan seperti pada Gambar 1.6, itu tandanya bahwa dokumen yang kita kerjakan belum disimpan baik dokumen baru maupun dokumen lama yang telah dirubah. Terdapat tiga tombol yaitu:
  • Yes  untuk  menyimpan  dokumen/file  ke  file  dokumen  baru  (jika  belum  disimpan sebelumnya) atau ke dokumen lama (jika sudah disimpan sebelumnya). Jika yang dibuka file dokumen lama, maka segala macam bentuk perubahan akan disimpan pada file dokumen tersebut.
  • No untuk keluar dan abaikan penyimpanan.
  • Cancel untuk membatalkan perintah keluar.



7) Mengakhiri Microsoft Office Word 2007

    Untuk mengakhiri Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Klik Tombol Office 
  • Klik Exit di Word yang berada di susdut kanan bawah deretan menu atau tekan saja ALT + F4 di keyboard

silahkan bagi yang ingin mendownload tutorial ini

Lihat
Lihat  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar